Strategi Hubungan Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan
Rokhmat
Basuki. Strategi Hubungan Masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan
di MTs Nurul Huda Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Drs. M. Zainuddin,
M.A.
Sekolah
adalah salah satu organisasi pendidikan yang mempunyai suatu kekuatan untuk
membantu dan mengantarkan peserta didik menuju cita-cita yang diharapkan.
Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa mencetak siswa-siswa yang berprestasi
tinggi dan dapat memanfaatkan guru-guru yang berkualitas baik serta mendapatkan
kepercayaan dari masyarakat sekitar sehingga mutu pendidikan menjadi terjamin
dengan meningkatnya prestasi siswa didik sesuai dengan yang diharapkan.
Lembaga
pendidikan adalah satu sub sistem dari beberapa sub sistem yang ada dalam masyarakat,
keberadaan lembaga pendidikan tidak terlepas dari peran serta masyarakat,
karena maju tidaknya sebuah lembaga pendidikan dalam semua jenjang dan level
tergantung bagaimana lembaga pendidikan tersebut mampu menjalin kerjasama yang
baik dengan masyarakat. Permasalahannya terletak bagaimana menjalin hubungan
antara sekolah dengan masyarakat, agar mengungkapkan teknik hubungan masyarakat
di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang. Karena jelas status MTs Nurul Huda
adalah lembaga swasta.
Rumusan
masalah yang harus dijawab adalah: (1) Apa strategi yang dilakukan oleh MTs
Nurul Huda untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan hubungan MTs
Nurul Huda Malang dengan masyarakat di dalam meningkatkan mutu pendidikan?.
Penelitian
ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang, dengan menggunakan
metode kualitatif, dengan menggunakan studi kasus, tekhnik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah: (1) teknik wawancara dan (2) teknik dokumentasi. Analisis
data dilakukan sebelum dan sesudah pengumpulan data dengan tekhnik analisis
tema.
Hasil
penelitian ini meliputi: (1) Strategi yang dilakukan oleh MTs Nurul Huda untuk
menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan
melakukan pendekatan dengan para tokoh masyarakat sekitar, menjalin kerjasama
dengan wali murid, berkerja sama dengan komite sekolah, menjalin kerjasama
dengan organisasi-organisasi kemasyarakatan, mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler,
melakukan penjelasan kepada personil sekolah agar tercipta suasana kekeluargaan
di dalam madrasah di kalangan personil sekolah. (2) Faktor pendukung pelaksanaan
hubungan MTs Nurul Huda Malang dengan masyarakat di dalam meningkatkan mutu
pendidikan adalah adanya rasa kekeluargaan yang terbangun di Madrasah
Tsanawiyah Nurul Huda Malang, dukungan dari pihak yayasan, pihak pimpinan
madrasah terkait masalah pengembagan madrasah dan orientasi para tenaga pengajar
adalah berjuang bukan semata-mata menjadi guru saja. Faktor penghambat pelaksanaan
hubungan MTs Nurul Huda Malang adalah anggapan masyarakat tentang Madrasah
Tsanawiyah Nurul Huda Malang, sumber daya siswa, transportasi dan masalah dana.
Saran
yang dapat penulis berikan adalah, kepada Waka Humas Madrasah Tsanawiyah Nurul
Huda Malang, program kerja untuk rapat rutin hendaknya dilaksanakan dengan
rutin, kepada kepala madrasah hendaknya juga melibatkan media pers baik cetak
maupun elektronik yang berada di Malang mengingat media adalah sarana yang
bagus dalam menjalin hubungan masyarakat dan hendaknya melengkapi sarana dan
prasarana untuk lebih menarik minat calon siswa baru.
Kata
Kunci: Hubungan Masyarakat dan Mutu Pendidikan
Silahkan download file skripsi lengkap dalam
format PDF dengan meng-klik disini. Namun, jika anda ingin mengutip sebagian
atau seluruh ide yang terdapat dalam skripsi ini, anda diharapkan mengutipnya
sesuai dengan kode etik ilmiah, dalam artian, anda harus menyertakan nama
penulis skripsi tersebut. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan
terimaksih.
0 komentar:
Post a Comment