Strategi Hubungan Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan

Rokhmat Basuki. Strategi Hubungan Masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MTs Nurul Huda Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Drs. M. Zainuddin, M.A.

Sekolah adalah salah satu organisasi pendidikan yang mempunyai suatu kekuatan untuk membantu dan mengantarkan peserta didik menuju cita-cita yang diharapkan. Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa mencetak siswa-siswa yang berprestasi tinggi dan dapat memanfaatkan guru-guru yang berkualitas baik serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sekitar sehingga mutu pendidikan menjadi terjamin dengan meningkatnya prestasi siswa didik sesuai dengan yang diharapkan.

Lembaga pendidikan adalah satu sub sistem dari beberapa sub sistem yang ada dalam masyarakat, keberadaan lembaga pendidikan tidak terlepas dari peran serta masyarakat, karena maju tidaknya sebuah lembaga pendidikan dalam semua jenjang dan level tergantung bagaimana lembaga pendidikan tersebut mampu menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat. Permasalahannya terletak bagaimana menjalin hubungan antara sekolah dengan masyarakat, agar mengungkapkan teknik hubungan masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang. Karena jelas status MTs Nurul Huda adalah lembaga swasta.

Rumusan masalah yang harus dijawab adalah: (1) Apa strategi yang dilakukan oleh MTs Nurul Huda untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan hubungan MTs Nurul Huda Malang dengan masyarakat di dalam meningkatkan mutu pendidikan?.

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang, dengan menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan studi kasus, tekhnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: (1) teknik wawancara dan (2) teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah pengumpulan data dengan tekhnik analisis tema.

Hasil penelitian ini meliputi: (1) Strategi yang dilakukan oleh MTs Nurul Huda untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan melakukan pendekatan dengan para tokoh masyarakat sekitar, menjalin kerjasama dengan wali murid, berkerja sama dengan komite sekolah, menjalin kerjasama dengan organisasi-organisasi kemasyarakatan, mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan penjelasan kepada personil sekolah agar tercipta suasana kekeluargaan di dalam madrasah di kalangan personil sekolah. (2) Faktor pendukung pelaksanaan hubungan MTs Nurul Huda Malang dengan masyarakat di dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah adanya rasa kekeluargaan yang terbangun di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang, dukungan dari pihak yayasan, pihak pimpinan madrasah terkait masalah pengembagan madrasah dan orientasi para tenaga pengajar adalah berjuang bukan semata-mata menjadi guru saja. Faktor penghambat pelaksanaan hubungan MTs Nurul Huda Malang adalah anggapan masyarakat tentang Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang, sumber daya siswa, transportasi dan masalah dana.

Saran yang dapat penulis berikan adalah, kepada Waka Humas Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang, program kerja untuk rapat rutin hendaknya dilaksanakan dengan rutin, kepada kepala madrasah hendaknya juga melibatkan media pers baik cetak maupun elektronik yang berada di Malang mengingat media adalah sarana yang bagus dalam menjalin hubungan masyarakat dan hendaknya melengkapi sarana dan prasarana untuk lebih menarik minat calon siswa baru.

Kata Kunci: Hubungan Masyarakat dan Mutu Pendidikan

Silahkan download file skripsi lengkap dalam format PDF dengan meng-klik disini. Namun, jika anda ingin mengutip sebagian atau seluruh ide yang terdapat dalam skripsi ini, anda diharapkan mengutipnya sesuai dengan kode etik ilmiah, dalam artian, anda harus menyertakan nama penulis skripsi tersebut. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terimaksih.

0 komentar:

Post a Comment